Top Ad unit 728 × 90

Polri Ingin Semua CCTV di Semua Kota Terkoneksi dengan Polres

Untuk memonitor segala aktivitas warga, Kepolisian RI ingin CCTV di setiap kota terkoneksi dengan markas kepolisian di tingkat kewilayahan. Imbauan ini pernah dilontarkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian agar diwujudkan menjadi sebuah peraturan daerah (perda).

"Kalau tersedia, jaringan CCTV itu menjadi bagian dalam mencermati, monitoring aktivitas kegiatan publik yang dikoneksikan dengan kepolisian. Maka itu bisa menjadi suatu alat dalam proses pemeliharaan keamanan maupun dalam pengumpulan fakta hukum," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Selasa (25/4/2017).

Boy menjelaskan, konten informasi yang ada pada CCTV merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan sebuah penyidikan. Hal ini pun sedang diperjuangkan agar menjadi sebuah perda. Tempat-tempat umum dan objek vital harus memiliki CCTV yang terhubung dengan polres setempat. 

"Itu yang sudah diarahkan Bapak Kapolri agar menjadi peraturan daerah. Karena peraturan daerah bisa berdampak ketaatan warga, ketaatan dari pengelola daerah-daerah sentra ekonomi, objek vital, pengelola gedung untuk melengkapi, dan bahkan jalan-jalan permukiman suatu saat," imbuhnya.

Belajar dari kasus teror terhadap Novel Baswedan, Boy mengimbau masyarakat memasang kamera CCTV di rumah masing-masing. "Jadi melihat itu sebagai sebuah investasi. Bukan sebagai sebuah sesuatu yang memberatkan. Investasi untuk keamanan," ucapnya.

Kemudian Boy memberi contoh sudah ada kota yang menerapkan CCTV yang terkoneksi dengan polres. Misalnya di Pontianak, Malang, Batam, dan Makassar. Untuk di Jakarta, menurut Boy, penggunaan kamera CCTV yang terkoneksi dengan kepolisian belum maksimal. Tak hanya itu, Polri juga ingin agar CCTV juga tersambung dengan Dinas Perhubungan.

"Jakarta belum terkoneksi. Seperti TMC sudah ada, tapi itu tak sampai 200 (CCTV), itu perlu dikoneksikan. Kemudian dengan Dinas Perhubungan itu perlu disinergikan. Sudah ada yang disinergikan tapi belum maksimal pemanfaatannya," tandasnya.
Polri Ingin Semua CCTV di Semua Kota Terkoneksi dengan Polres Reviewed by admin on April 25, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by GO ACEH | Informasi © 2004 - 2017

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.