Top Ad unit 728 × 90

random

Kesiapan Area Gelar Teknologi Penas - KTNA Dipacu

Menjelang pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan (Penas-KTNA) ke XV di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya Banda Aceh oleh Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (6/5/2017) berbagai persiapan kini terus dipacu.
Hingga Senin (1/5/2017) kemarin persentase kegiatan rata-rata sudah mencapai 95 persen. Salah satunya adalah areal Gelar Teknologi yang berada persis bagian belakang stadion.
Di lahan seluas 10 hektare itu, selain beragam jenis tanaman pangan (padi, palawija dan hortikultura) juga terdapat  komoditi perkebunan, ikan air tawar serta dua unit embung atau tempat penampungan air yang lumayan luas.
Sorghum tanaman yang dinilai langka ditanami di Aceh, ikut menghiasi lahan tersebut. Begitu halnya padi ladang yang lazim dikembangkan di daerah-daerah perbukitan saat ini tumbuh subur dan menjelang panen.
Ir Teuku Iskandar MS, salah seorang peneliti pada Balai Penelitian Tehnologi Pertanian (BPTP) Aceh, dalam bincang-bincang dengan Serambinews.com di sela-sela mengamati perkembangnan tanaman di areal, Minggu (30/4) membenarkan, dua jenis tanaman ikut ditanami pada lagan Gelar Teknologi Penas Petani Nelayan 2017 di Aceh.
Sorghum yang mengandung banyak karbohidrat  dan bisa sebagai pengganti beras, kata T Iskandar bukanlah tanaman asli Indonesia tapi berasal dari Afrika.
Di Indonesia, tanaman ini, banyak dikembangkan di Pula Jawa, Nusa Tenggara Barat (NTB dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
Sementara padi ladang atau padi gogo  yang ditanam di lahan tersebut adalah Varietas Inpago.
Inpago adalah varietas lokal. Rasa nasi enak. Tanaman ini tumbuh baik kendati musim kemarau. Kalau pun butuh air hanya sewaktu-waktu saja.
Dalam sepekan terakhir, terutama pada sore hari banyak warga termasuk kaulamuda yang berdatangan ke lokasi ini untuk melihat-lihat hamparan tanam pertanian, perkebunan dan perikanan,  papar Teuku iskandar yang juga mantan Kepala BPTP Aceh.(*)
Kesiapan Area Gelar Teknologi Penas - KTNA Dipacu Reviewed by admin on May 01, 2017 Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by GO ACEH | Informasi © 2014 - 2015
Share by GFXFree.Net

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.